10 Tips sukses bisnis online dari rumah bagi ibu rumah tangga

dewaweb_promo_04_728x90

10 Tips sukses dalam berbisnis online  dari  0 ala Srikandi Pejuang Online dari Rumah

Hai teman teman pembaca,  page ini akan banyak mengulas tentang  perjalanan sekolah Internet marketing dari team digital bisnis pro, yang terdiri dari beberapa srikandi yang kami beri nama komunitas Srikandi Pejuang Online. Background penulis pada page ini  adalah srikandi pejuang ( kuli )  di industry telekomunikasi yang saat ini bertugas di Tanah Papua – Maluku tepatnya di Ambon, sekaligus ibu rumah tangga yang getol mencari passive income lewat online dari rumah dengan beberapa website ,istri warga negara asing dengan birokrasi tiada akhir untuk tutorial how to live in Indonesia with your mixedmarriage  couple  ( bisa cek di website www.americanindonesian.com)  dan seabrek kegiatan untuk mencapai visi “Retired Young” di usia 38 tahun dan menjadi srikandi muslimah solehah mandiri, mimpi saya adalah dari bisnis online bisa menjalani dot com life style ( Time freedom, money freedom dan Location Freedom ) dan bisa bermanfaat untuk sesama ( dari adanya ketiga freedom tadi )  khususnya kaum wanita solehah yang pengen sukses di bisnis online dan bisa dikerjakan dari rumah.

Mari menjadi pebisnis online rumahan

Mari menjadi pebisnis online rumahan

Artikel di page ini akan saya tuliskan rangkuman rangkuman langkah langkah yang harus kalian lakukan jika serius mau menekuni dunia internet/bisnis online dari nol . Kalian bisa mencontek dan menduplikasikan/edifikasi  milestone saya yang saya anggap sementara berproses. Seoga bermanfaat buat kalian semua.

Kenapa internet ? karena di Indonesia sendiri potensi  berkembangnya dunia internet masih panjang beda sama negara lain yang sudah lebih dulu go ONLINE dibanding Indonesia. Saat ini digitalisasi bisnis pun semakin berkembang dan sebagai pelaku bisnis maupun sebagai konsumen kita semua harus segera beradapatasi dan ber evolusi jika tak mau ketinggalan.Impasi marketplace dunia sudah masuk ke Indonesia, e money sudah merajalela, e commerce sudah tak terbendung.Sebagai pelaku bisnis kita tetap harus memanfaatkan ceruk ini sebagai media mengembangkan bisnis.

Solusi jika mau ikut nimbrung dalam dunia Internet Marketers ? ya harus belajar memanfaatkan celah itu,  bisa mengambil langkah sbb :

  1. Mengikuti sekolah internet marketing local sebagai wadah, jika saya pribadi saya mengikuti komunitas SB1M ( Sekolah Bisnis 1M ) bisa di klik disini, Srikandi Digital bergabung  dengan SB1M di Juni 2015, kami belajar dari pembelajaran lewat video hingga 700 video. Mengikuti live webinar via Zoom.us tiap minggu. Kalau kelas offline nya ada di Jakarta di gedung BRI. Karena srikandi ada di Ambon jadi kelasnya lewat online saja.SB1M ini hanya berbayar sekali seumur hidup dan dengan ikut premim nya banyak manfata saya dapatkan , ilmu IM-ersnya luar biasa. Dari yang kurang paham masalah website dan lainnya sekarang sudah snagat mandiri.

 

  1. Mengikuti / subsrcriber IMERS ( Internet Marketers ) dunia, kalau saya punya beberapa panutan buat maju dalam dunia internet marketing. Jhon Chow adalah salah satu blogger tajir dari Canada saya follow dan subscribe untuk mengadopsi ilmu dan sharing sharingnya, karena saya juga mau focus di bisnis Affialiate seperti beliau. Rencana kedepan saya akan mengambil bisnis affiliasi international. Sementara pelajari bisnis modelnya dulu dan mau focus disana.

 

  1. Fokus dan mau bekerja keras sehari 2 jam untuk perkembangan IM-ersnya, mengerjakan PR dari mentor di SB1M adalah hal yang wajib bagi saya, Srikandi sendiri ada 3 website yang di handle dengan target postingan masing masing 10 ribu artikel. Update per hari ini satu website 560 artikel ( masih ada kekurangan 9440 artikel terkait pernikahan beda negara/birokrasi / suka duka pernikahan campuran ) , website digital bisnis pro ( baru 20 artikel masih ada 9980) dan satu website bisnis yang baru berisi 30 artikel ( masih ada PT 9970 artikel ) kelihatannya sangat besar tapi kerja di dunia internet marketing pun tetap butuh kerja keras bedanya semua dibelakang laptop.

 

  1. Focus di salah satu bisnis yang mau digeluti, misalnya srikandi dispro focus pada penjualan minyak gosok pendekar sebagai produk sendiri, focus program GA ( Google Adsense ) dari website, dan affiliate SB1M serta saat ini juga menambah aminisi dengan ikutan Youtube adsense dengan membuat beberapa channel disesuaikan dengan tema website. Walau saat ini ada badai melanda dengan kebijakan youtube partnership terbaru. Jangan terlalu melebar dengan mencoba semua, jangan ikut ikutan dengan mentor mentor yang muncul sebagai bintang tamu SB1M tapi belajar lah focus pada satu hal dan kerjakan dengan sungguh sungguh. Saya membangun youtube channel butuh dua tahun baru berhasil mendapatkan income perdana dengan gaji perdana  Rp 1.4 juta. Kerja keras dengan mengerjakan PR yang di sela sela pekerjaan utama sebagai pekerja 8-5 sore dan PR saya kerjakan dulunya tak pernah sesuai hanya seminggu sekali, per tahun 2018 ini PR Srikandi sekarang sudah punya kewajiban untuk 2 jam mengerjakan PR ( Posting minimal 1 artikel dengan kata kunci ter bidik dan 1  video di youtube channel )

 

  1. Memiliki mentor pribadi untuk bertanya, secara pribadi di SB1M kami punya mentor Kepela sekolah kami mas Berto, atau member lain di grup dengan jumlah 3200 orang lebih di seluruh dunia. Namun kalau bisa ada juga mentor local yang bisa dijadikan tempat bertanya, di komunita srikandi kami ada komunitas BE SMART IM-ers yang kami bentuk di Makassar yang di dalamnya ada suhu saya paling jago untuk masalah project Google Adesense baik website maupun youtube dan beliau tak pelit ilmu.

 

  1. Miliki kurikulum yang harus kalian lakukan sesuai stepnnya, kalo saya pribadi saya ada KURIKULUM SB1M, dan saya lakukan tak sepenuhnya kurikulum tapi melakukan yang terbaik karena tak ada USAHA menghianati hasil. Ibarat kalian kursus Bahasa Inggris online kan ada modul yang kalian pelajari untuk di kelas.

 

  1. Tetap rajin mengikuti kelas baik webinar atau ada seminar seminar internet di kota kalian untuk upgrade pengetahuan kalau perlu sediakan budget khusus.

 

  1. Ikuti program affiliasi dengan system yang bagus biar focus praktek disana dan jelas rewardnya biar jadi motivasi hidup untuk terus sukses dan maju.Kalau saya saat ini ikut beberapa affiliasi Hosting, Sekolah internet, dan beberapa produk property.

 

  1. Siap siap berkorban untuk modal awal ( sewa domain hosting, beli aplikasi / tools/ seminar IMERS dll ), ibarat berdagang tetap harus ada biaya cost yang dikeluarkan nah sama berbisnis online pun sama. Tidak ada yang instant semua butuh proses dan berkomitment. Kalaupun kalian mau berbisnis dengan modal 0, minimal harus bisa memamnfaatkan social media seperti facebook atau media chat Whatssapp, dan bisa gunakan media internet gratisan WIFI. Tinggal siasati saja.

 

  1. Jangan lekas putus asa dan berdoa serta sedekah itu adalah factor yang wajib dalam proses ikhtiar manusia. Prinsip saya dari tanah bugis “ikalai kekke ri sekke e” yang artinya “KEGIGIHAN AKNA MENAKLUKKAN SEGALANYA.”

Ke Sepuluh tips ber bisnis online ini kalian bisa terapkan baik untuk punya toko online sendiri, berbisnis online di social media ( facebook ) , IG, atau Dropshipping, Bisnis online via WA/BBM, FB Messenger,  berjualan di Tokopedia, Berjualan jasa, ada banyak potensi bisnis yang kalian bisa geluti di dunia Internet . Sisa kalian pilah dan focus karena jika kalian terlalu banyak mengerjakan proyek proyek dan tak focus hasilnya akan sangat kurang maksimal dan ibarat  punya banyak pisau dan mengasah sedikit sedikt maka semua pisau yang dimiliki tak akan bisa tajam tapi kalau punya pisau satu saja dan diasah terus menerus dijamin akan sangat tajam dan kinclong.itu analoginya, demikian juga dengan bisnis online yang digeluti tekuni satu hal focus, kerjakan secara massive dan konsistensi itu wajib.

Delapan Kendala yang sering terjadi / factor kegagalan  untuk semua pelaku bisnis online pemula yang baru mulai dari 0 sbb :

  1. Tak ada mentor yang konsisten , karena tidak pernah ikut komunitas atau tidak terdaftar pada satu wadah komunitas belajar online. Mau belajar ikut lah kelas/ seminar/ kelas online/webinar/beli paket pembelajarab/mendaftar sekolah online
  2. Tak ada kurikulum sebagai acuan step step proses.Makanya harus tetap focus pada .
  3. Tak ada lingkungan komunitas yang mendukung, jadi saat down tak ada dukungan semangat untuk menumbuhkan semangat yang baru. Makanya saya selalu membuat small webinar dengan teman teman seperjuangan kami, kami ada grup kecil di keluarga, ada grup kecil pernah ikut trading bersama dan sebisa mungkin saya aktifkan grup tersebut agar  terus bersemangat membangun mimpi bersama.
  4. Tak ada produk sebagai bahan untuk di jual, ini yang sering semua pelaku bisnis online salah di awal. Mencari produk yang mereka ingin jual. Mereka tak melakukan research di awal dengan baik.
  5. Tidak melakukan research kata kunci sebagai metode pencarian data produk yang mau di bidik untuk dijual. Biasanya ilmu seperti ini bisa di dapatkan di sekolah  online karena terkait hal teknis.
  6. Kurang focus dan tak pernah meng alokasikan waktu untuk bisnis online nya apalagi orang orang yang hanya menjadikan bisnis online sebagai sambilan maka incomenya pun dijamin akan menjadi sampingan. Jika mau mendapatkan income fantastis maka bekerjalah sepenuh hati memberi waktu dalam sehari minimal 2 jam untuk bisnis online anda.Kalau kalian cuek maka hasilnya pun akan bisa dikatakan
  7. Kurang konsisten, dinamika dalam dunia bisnis online perkembangan sangat cepat, perubahan terjadi begitu dinamis, sebagai salah satu pebisnis online kalian harus focus pada media yang tepat, dan berubah seiring perkembangan namun ingat personal branding produk dan usaha kalian harus tetap ada dengan website premium dan tetap konsisten dijalur di awal.
  8. Menjadikan bisnis online hanya sampingan, sehingga kerja keras tak tercurahkan maksimal di bisnis tersebut hasilnya tak akan pernah menghianati proses usaha. Dan yang pasti tak akan mendapatkan hasil yang massive.

So mari kita focus pada 10 tips diatas dan konsern untuk mengatasi kendalanya, semoga bermanfaat.

BANNER FREE MEMBER

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *