12 Tips menguasai Toefl / Tesol dengan mudah secara otodidak

trik dan tips menguasai TEOFL dan dapat nilai maksimal

trik dan tips menguasai TEOFL dan dapat nilai maksimal

dewaweb_promo_04_728x90

TOEFL atau IELTS sebagai tolak ukur bagi para calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan di luar negeri, ini sudah menjadi sebuah peraturan, bahkan di perguruan tinggi dalam negeri sekalipun telah disahkan TOEFL selaku pintu  masuk  ke perguruan tinggi bagi para mahasiswa kandidat S2, sehingga mereka ada yang memilih untuk belajar sendiri/otodidak atau mengikuti kursus TOEFL. Nah, pada kesempatan ini saya akan mengulas tentang bagaimana belajar TOEFL sendiri/otodidak, namun sebelumnya anda harus mengerti terlebih dahulu tentang jenis-jenis TOEFL itu sendiri.

Ada 3 macam kategori dari TOEFL:

  1. PBT (Paper Based Test)
  2. CBT (Computer Based Test)
  3. IBT (Internet Based Test)

Dari 3 jenis TOEFL yang ada  di atas yang sering digunakan dalam mengikuti tes seleksi study ke luar negeri adalah  PBT (Paper Based Test) dan IBT (Internet Based Test). Skor TOEFL yang mencapai target menjadi impian setiap siswa yang ingin melanjutkan studi ke laur negeri atau S2 di dalam negeri. Berikut ini beberapa trik mudah untuk anda bisa mencapai target skor TOEFL dengan belajar sendiri:

  1. Luangkan waktu minimal 2 jam sehari

Jika terlalu sibuk dengan berbagai aktivitasa, cukup meluangkan waktu dalam sehari minimal 2 jam saja untuk belajar TOEFL sendiri. Anda dapat menyesuiakan jadwal anda dengan pekerjaan, entah itu di waktu pagi, siang atau malam. Penganturan waktu sanagt berarti bagi anda untuk bisa belajar dengan baik, dalam seminggu anda bisa membagi waktu yakni per dua hari pertama anda fokus kepada Listening, dua hari kedua anad focus kepada Reading dan dua hari ketiga anada foku kepada Sructure/Grammar, kemudian di hari terakhir/ketujuh anda bisa melakukan evaluasi apa yang telah anda pelajari selama enam hari.

  1. Pengumpulan Soal Latihan

Anda bisa melakukan pengumpulan soal-soal latihan TOEFL melalui buku-buku latiha soal TOEFL atau juga bisa melalui website yang menyediakan soal latihan TOEFL secara gratis. Semakin sering berlatih, maka semakin mudah untuk anda mengerjakan soal TOEFL, jadi anda tidak perlu merasa khawatir karena belum bergabung di kelas kursus TOEFL.

  1. Perbanyak Perbendaharaan Kosa Kata

Perbendaharaan kosa kata sangat penting dalam mengerjaka soal latihan TOEFL, anda tidak perlu bingung darimana harus memulai memperbanyak perbendaraan kosa kata, anda bisa perbanyak kosa kata dari soal latihan TOEFL itu sendiri.

  1. Mengetahui Kelas Kata Dasar

Anda harus bisa membedakan kata dasar yang bertidak sebagai: kata Kerja (Verb), Kata Keterangan (Adverb), Kata Sifat (Adjective), dan Kata Benda (Noun). Dengan begitu dapat membantu anda saat mengerjakan soal latihan  Structure TOEFL dengan baik.

  1. Rajin melatih listening melalui nonton film berbahasa inggris 

Menonton film adalah salah satu cara untuk meningkatkan kualitas listening  anda, karena anda bisa langsung melatih pendengaran melalui film tersebut.Radio berbahasa inggris sering di dengarkan  agar melatih listening nya.

  1. Rajin mengikuti latihan TOEFL online

Anda tidak perlu khawatir jika tidak mengikuti kursus TOEFL Preparation, cukup anda searching/googling, karena begitu banyak latihan TOEFL online yang dapat menolong anda, dengan sering mengikuti latihan TOEFL online maka kemungkinan besar anda bisa menjawab soa-soal TOEFL dengan baik.

  1. Disiplin waktu belajar

Kesuksesan tidak terlepas dari kedisiplinan waktu, maka dari itu, belajar TOEFL sendiri membutuhkan komitmen dan kedisiplinan waktu yang maksimal, terkadang anda akan merasa bosan, jenuh bahkan malas, lawan semua perasaan itu, azamkan dalam hati anda yang bulat kalau anda sedang mengejar cita-cita yang membutuhkan pengorbanan. Dengan begitu anda akan termotifasi dengan sendirinya.

8. Rajin membaca buku berbahasa Inggris.

Selain banyak menyantap bacaan buku berbasasanarasi teks bahasa Inggris, adalah sangat penting menjadi rutin sehari hari sebagai bagian persiapan.Jadi dari mulai membaca, mendengar, menonton semua versi bahasa inggris akan memudahkan stimulus otak menganalisa kata kata dalam bahasa Inggris.

9. Lakukan ujian TOEFL online

Cari materi di website free training toelf atau ujian toefl gratis biar sering sering berlatih sehingga secara mental. Latihan seperti ini sangat di perlukan, jika sering berlatih maka akan mudah nantinya secara psikologi.

10. Harus ada target yang menguatkan

Setiap dilanda masalah, bosan dan malas melanda, kembali melihat tujuan utama dan target yang akan di capai.Agar kembali bersemangat mengejar mimpi. Intinya self discipline harus terus di bangkitkan ibarat perusahaan ada visi misi nya maka pembelajar pun harus ada visi belajar dan misi belajarnya apa. Agar tetap berjuang sampai  akhir.

11. Cari teman untuk buat kelompol belajar

Mencari teman yang mau belajar TEOFL bersama akan lebih menyenangkan untuk belajar, bisa saling bergiliran mengetes kemampuan teman, dan tak akan membosankan. Lebih seru dan bisa koreksi kesalahan satu sama lain.

12. Mencari teman yang bisa dijadikan mentor / guru.

Upayakan jika ada teman yang ahli dalam menguasai TOEFL dan sukses dengan skore maksimal bisa dijadikan mentor kita, walau bukan secara resmi tapi memiliki mentor bisa mendorong percepatan proses dan juga menyemangati proses belajar .

 

Itulah 12 hal yang bisa jadi bekal untuk dijadikan Tips & Trik mudah menguasai TOEFL sehingga bisa mendapatkan skor maksimal pada saat eksekusinya. 10 Hal untuk dijadikan strategi mendapatkan nilai terbaik dari TEOFL/TESOL secara otodidak.

 

 

BANNER FREE MEMBER

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *