Prospek bisnis digital printing di era digital

 

dewaweb_promo_04_728x90

Bisnis Digital Printing di ERA Digital

Bisnis Digital Printing di ERA Digital

Era digital ini memang banyak merubah pola kehidupan, industri dan perkembangan bisnis, namun walau era digital sudah menggerus zaman, ada beberapa bisnis yang masih prospek dan masih dibutuhkan di era saat ini, entah ke depannya akan mulai tergerus tapi saat ini masih dibutuhkan di industri marketing.

Apakah itu? ya bisnis digital printing. 

Digital Printing merupakan peluang usaha yang sangat menjanjikan untuk kita di masa kini, asalakan kita memiliki komitmen yang kuat, maka kita dapat membangunya perlahan-lahan, untuk membuka usaha Digital Printing tersebut tidak perlu khawatir tentang modal yang akan dikeluarkan dengan cukup besar, namun kita dapat memulainya dari modal yang skala kecil. Kita dapat mebuat undagan pernikahan, undangan khitanan, undangan wisuda dan undangan syukuran lainnya, kemudian kita bisa mempromosikan kepada kelurga kita sendiri, atau teman-teman kita di sekeliling, kemudian kita juga bisa memberikan contoh design yang kita miliki di setiap undangan, hal ini tentu lebih efektif dan  mudah untuk kita melangkah lebih jauh lagi. Dengan melalui keluarga maupun teman kita, sudah tentu mereka akan mempromosika juga kepada orang-orang yang mereka kenali. Jadi tidak menutup kemungkinan usaha kita akan semakin dikenal dan bisa menambah modal untuk membangun Digital Printing yang lebih luas dan modern lagi.

Dalam membangun Digital Printing yang lebih modern, maka kita membutuhkan budget untuk perlengkapan peralatan lainya.  Berrikut ini adalah peralatan yang dibutuhkan untuk keperluan Digital Printing/Percetakan:

  1. Printer/Mesin Digital Printing.

Printer/Mesin Digital Printing adalah alat yang sangat dibutuhkan untuk percetakan, jika tidak memiliki Printer/Mesin Digital Printing maka sebagus apapun design yang telah kita buat, sudah pasti tidak akan terwujud, oleh karena itu Printer/Mesin Digital Printing sangatlah penting. Kita dapat memilih Printer/Mesin Digital Printing yang sesuai dan cocok dengan kebutuhan kita.

  1. Komputer

Komputer merupakan alat yang sangat penting juga untuk sebuah percetakan, karena semua proses editing ataupun design sudah pasti kita membutuhkan Komputer. Minimal kita harus mempunyai dua unit komputer karena kita akan melakukan design grafis pada 1 komputer dan computer yang satunya untuk mengoperasikan mesin agar mencetak gambar yang telah didesign atau yang siap dicetak.

  1. Ruangan Mesin Cetak Printing

Kita harus memperhatikan ruangan yang akan dipakai untuk tempat Mesin Digital Printing agar tidak sempit, ruangan yang dibuthkan harus luas supaya disaat kita melakukan percetakan spanduk yang berukuran besar tidak membuat kita mengalami kesulitan.

  1. Bahan Baku dan Alat Penunjang

Bahan baku sangatlah dibutuhkan dalam dunia Digital Printing maupun alat penunujng lainnya, seperti halnya tinta Digital Printing yang mana kita harus gunakan. Karena memilih tinta juga sangat berperan penting, agar kualitas cetakan lebih maksimal. Oleh karena itu kita harus menggunakan tinta yang telah direkomendasika oleh distributor Resmi guna menjaga kemungkinan supaya tidak tertipu oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Selain tinta kita juga membutuhkan beberapa alat penujang lainnya seperti Mesin Plong Mata Ayam yang mana berguna untuk pemasangan Banner/Baleho/spanduk dan juga Lem Seaaming atau Mesin Seaming untuk penyambungan gambar apabila cetakan terlalu besar dari areal cetakan mesin dll.

  1. Generator/Genset

Generator/Genset juga salah satu alat perlengkapan/cadangan apabila PLN di tempat kita padam, jadi untuk berjalannya dengan mulus pekerjaan kita dalam dunia Digital Printing haruslah disediakan Genrrator/Genset tersebut.

  1. Sumber Daya Manusia

Sumber daya manusia menjadi hal yang paling penting, karena kita akan dibantu oleh beberapa teman untuk menjalankan usaha Digital Printing. Oleh Karena itu, teman yang kita ajak kerjasama haruslah memahami setiap pekerjaan yang akan dilakukan, bahkan management waktu kerjapun harus teratur. Memiliki rasa tanggung jawab terhadap setiap pekerjaan serta service (pelayanan) yang optimal kepada setiap customer (konsumen). Kepuasan customer/konsumen tergantung service atau pelayanan kita, dan hal seperti ini akan berdapak kepada kemajuan bisnis Digital Printing kita ke depan.

Nah itu adalah 6 hal yang fundamental harus di siapkan kalau mau melirik bisnis digital printing. Dan untuk saat ini industri ini masih menggeliat.  Apakah prospek digital printing bisnis ini masih bisa bertahan 10 tahun ke depan? pelan pelan tapi pasti tetap di butuhkan so jangan takut segera take action dan jangan lupa analisa bisnis nya yah, selamat berbisnis, salam hebat dari srikandi digital.

BANNER FREE MEMBER

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *