Tips mengajarkan bahasa Inggris anak usia dini

Seoarang siswi SD belajar bahasa Inggris dengan menggambar

Seoarang siswi SD belajar bahasa Inggris dengan menggambar

dewaweb_promo_04_728x90

Srikandi Dispro akan banyak sharing tentang belaja bahasa inggris kali ini, khususnya untuk anak usia dini, dewasa ini, perkembangan bahasa inggris di Indonesia semakin menjamur dimana-mana.


Tidak bisa kita pungkiri, mulai dari tempat kursus, maupun sekolah-sekolah dan perguruan tinggi, bahkan ada juga kursus bahasa inggris via online, ini menunjukan betapa pentingnya kita untuk menguasai bahasa asing/inggris, karena bahasa inggris juga merupakan  salah satu bahasa International / bahasa dunia yang telah diterapkan di beberapa negara, dan di Negara kita sendiri bahasa inggris sudah mulai diterapkan sejak dini, seperti halnya di beberapa Sekolah Dasar favorite sudah diwajibkan untuk belajar bahasa bahasa inggris.
Belajar bahasa inggris di usia masih anak-anak, terbilang jauh lebaih baik, karena di usia
mereka adalah usia keemasan atau yang kita kenal dengan istilah Golden Age.

Sehingga di usia seperti ini sangatlah efektif bagi mereka belajar bahasa inggris, namun tidak semudah menghadapi anak-anak dalam belajar bahasa inggris jika kita tidak memiliki kreativitas yang bagus, karena anak-anak lebih cenderung kepada hal-hal yang bersifat menyenangkan, entah itu bermain, menonton, menggambar dll.

Kecenderungan anak-anak lebih menyukai menggambar dan mewarnai atau menonton film-film kartoon, hal ini merupakan kesempatan buat para guru /mentor / tutor bahasa inggris  menggunakanya sebagai salah satu media belajar mereka, sehingga apapun yang mereka dapatkan lebih muda dipahami. disaat anak masih berada pada bangku Taman Kanak-Kanak, fokus pendidikan mereka lebih tertuju kepada pengembangan kognitif, maupun kemampuan mereka dalam bersosialisasi sesama teman, setelah mereka terlepas dari Taman Kanak-Kanak dan bergabung di Sekolah Dasar (SD), maka mereka mulai diasah atau difokuskan ke pengembangan akademik, sehingga semakin mereka beranjak semakin berkembang pula keterampilan dan Intelligence Quotient (IQ) mereka.

Belajar bahasa inggris tingkat SD sudah tentu sangat berbeda dengan tingkatan Sekolah
Menengah Pertama(SMP) atau Sekolah Menengah Atas (SMA), anak-anak lebih cenderung
kepada game, jadi, mengajari anak-anak SD kita harus memiliki keterampilan dan inovasi baru supaya menciptakan susana belajar yang menarik buat mereka. Kreativitas dalam mengajari anak menjadi tolak ukur bagi setiap pengajar.

Ketika anak merasa jenuh, berarti cara kita tidak membuat mereka tertarik. Anak-anak juga cenderung lebih suka terhadap cerita-cerita, jadi bisa dibuatkan cerita berbahasa inggris. Memang belajar bahasa inggris untuk anak dan mengajarkanya bukanlah hal yang mudah.

Setiap guru harus bisa tampil menarik buat anak, sehingga mereka lebih enjoy, karena setiap anak lebih menyukai hal-hal yang menarik.Beberapa tips yang di tuturkan langsung oleh Mr Abdi salah satu native speaker yang sekarang aktif mengajar private dan via online dengan murid muridnya dan juga mengajar di segmen corporate. Bagi yang tertarik bisa cek di video dibawah ini.

Berikut ini adala tips mengajari anak-anak belajar bahasa inggris dengan menarik:

1. Membangun kedekatan dengan anak-anak

Cara ini sangat membantu kita dalam mengajari mereka, sehingga anak-anak juga
dengan mudah beradaptasi, semakin kita dekat dengan anak-anak maka semakin mereka
dekat juga dengan kita dan mereka akan lebih merasa nyaman. Dengan kenyaman
tersebut membantu mereka lebih cepat menyerap atau menangkap pelajaran.
2. Play Game

Ajaklah anak-anak bermain/Play Game dengan kosa kata, ini memudahkan
mereka dalam menghafal kosa kata, dan kita bisa mengotrol mereka melalui permainan
tersebut, jika mereka terlihat keluar dari permainan, maka kita bisa mengalihkan mereka
dengan cara yang mudah agar kembali ke play game kosa kata tersebut. Seperti yang di lakukan oleh MR ABDI ENGLISH COURSE yang di kota Ambon sendiri memiliki beberapa murid private yang usianya bahkan dibawah 6 tahun, untuk usia sedini ini malah Mr Abdi malah melatih mereka bermain game dengan bantuan kartu biar lebih seru, jangan dipaksa buka yang sangat serius.

3. Bernyanyi dan bergoyang 

Bernyanyi adalah bagian terpenting dalam metode mengajari anak-anak, suruhlah
mereka menyanyikan lagu bahasa inggris sambil bergoyang, cara ini pula dapat
membantu mereka lebih kuat menghafal kosa kata, buatlah mereka labih enjoy, itu akan
lebih maksimal. Perlu diingat bahwa setiap anak memiliki kepribadian/karakter yang
berbeda, otomatis pemahaman mereka pula berbeda, untuk bisa membuat mereka
menyatu, maka pengajar/guru haruslah terampil dan berpengalaman yang cukup, supaya
dapat membantu anda menghendl mereka dan bisa memperoleh perhatian mereka.

4. Memasang tanda dengan bahasa Inggris di rumah

Misal di depan kamar mandi dituliskan TOILET, di kamar ROOM biar lebih mudah di pahami dari sejak dini, jadi istilah bahasa inggris bukan hal asing lagi bagi sang anak. Ini akan sangat baik ditanamkan sejak dini.

5. Belajar dari video berbahasa Inggris

Tentunya lebih mudah dengan memberi tontonan yang mendidik sesuai umur dan anak anak akan sangat senang apalagi kalau dalam bentuk video animasi. Tetap harus di awasi orang tuanya saat proses berlangsung jangan diberi media internet baik HP atau tablet baru anaknya di tinggal.

BANNER FREE MEMBER

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *